Rabu, 13 Januari 2010

Penguasaan Bahasa Asing


Penguasaan bahasa asing sangat membantu peng-embangan Budaya Akademik di PTN-PTN yang dipelajari. Sejumlah terbesar (171 orang atau 78,1%) responden menyatakan bahwa penguasaan bahasa asing “membantu” pengembangan Budaya Akademik; sebagian (16 orang atau 7,3%) responden menyatakan “cukup membantu”, dan tak seorang pun mengatakan bahwa penguasaan bahasa asing “tidak membantu” pengembangan Budaya Akademik; tapi sayangnya, masih ada (32 orang atau 14,6%) responden yang ragu apakah penguasaan bahasa asing itu membantu atau tidak membantu pengembangan Budaya Akademik, sehingga mereka tidak menjawab pertanyaan (Tabel 37).
Bahasa asing apa sajakah yang mereka kuasai?
Hampir semua (217 orang atau 99,1%) responden menyatakan menguasai bahasa Inggris dengan tingkat penguasaan yang bervariasi (sangat baik/baik/sedang/ kurang). Selisih jumlah antara responden yang menyatakan menguasai bahasa Inggris dan bahasa-bahasa lainnya sangat besar: secara berurutan ranking, mereka yang menyatakan menguasai bahasa Belanda, penguasaan bahasa kedua sesudah Inggris dalam temuan ini, hanya berjumlah 47 orang (21,5%); kemudian yang menguasai bahasa ketiga, Jerman, 19 orang (8,7%); keempat, Arab, 17 orang (7,8%); kelima, Prancis, 12 orang (5,5%); keenam, Jepang, 9 orang (4,1%); dan ketujuh, Cina atau Mandarin, 3 (tiga) orang (1,4%). Hanya di UI dan UNCEN yang ditemukan responden yang menguasai ketujuh bahasa tersebut, yakni untuk tiap bahasa yang diajukan itu terdapat responden di UI dan UNCEN yang menguasainya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar